• I'm Supporting

Friday, July 20, 2012

Kenapa Harus Begadang ?


Jika saja Bu Sentagi mengizinkan mahasiswanya untuk bernyanyi pada mata kuliah akustika , mungkin saya adalah mahasiswa pertama yang mengacungkan tangan ( sok pahlawan :) ). Saat itu juga , saya akan menyanyikan lagu dangdut ciptaan rhoma irama yang berjudul “begadang”. Begadang jangan begadang , kalau tiada artinya. Begadang boleh saja , kalau ada perlunya.
Itulah sepenggal lagu begadang. Kenapa saya menyanyikan lagu “begadang” ? Selain asyik , lagu ini sangat pas bagi mahasiswa yang sering begadang gag jelas seperti saya :D . Di pagi yang cerah itu , saya amati tak sedikit mahasiswa termasuk saya yang tampak mengantuk. Sesekali kami menguap dan mencuri waktu untuk memejamkan mata sejenak. Parah … heheee  …

Menurut saya , begadang adalah kegiatan paling buruk. Mengapa ? Dia mengubah pola hidup normal menjadi abnormal. Orang yang suka begadang biasa disebut sebagai batman. Yap , aktif di malam hari. Biasanya mereka tidur di pagi hari dan bangun menjelang dzuhur. Jika kita memisalkan satu hari ada 3 fase , yaitu pagi , siang , dan malam , pola hidup darah muda berbeda satu fase dengan pola hidup normal :) . Lantas apa pengaruhnya ? Secara tidak sadar , pola seperti ini akan dibawa terus menerus dan telah menjadi kebiasaan. Kita akan selalu tidur di pagi hari , bangun di siang hari , dan beraktivitas sepanjang malam. Akibatnya kesehatan kita terganggu. (1)
Udara pagi adalah udara paling sejuk. Setuju ? yap , terutama di antara pukul 5 hingga pukul 7. Matahari yang masih redup dan kepadatan lalu lintas yang masih renggang menjadi factor utama sejuknya udara pagi. Bangun pagi adalah hal yang wajib bagi kita. Mengapa ? karena sejuknya udara pagi sangat pas digunakan untuk berolahraga sehingga badan menjadi bugar dan otak menjadi segar. Apalagi setelah berolahraga kita sarapan , ya walau hanya meminum segelas susu dan sepotong roti di Burjo.  Aktivitas inilah yang saya dambakan selama ini karena terakhir kali saya melakukannya sewaktu SMA heheeee.
Selepas dzuhur adalah waktu yang paling melelahkan. Capek , panas , kotor , bau , bai , bae , #upss heheee. Lalu lintas padatnya minta ampun. Keringat dimana mana. Untung di ruang kelas ada air conditioner , coba kalau kegiatan belajar mengajar di kampus di pindah ke kosan saya. Hwahaaaaa. Gag kebayang tongue.
Malam hari. Udara mulai tak bersahabat. Angin malam mengubah udara yang awalnya sejuk di sore hari menjadi lembab. Ini dia , waktu beraktivitasnya para batman. Bisa dibayangkan gimana akibat begadang dari sisi kesehatan :) .
Bisa disimpulkan bahwa fase yang paling pas untuk melakukan kegiatan adalah di pagi hari. Oleh karena itu , merugilah para batman yang mengganti jam tidurnya di pagi hari.
Oke , semua tau dan mengerti bahwa begadang itu tidak baik. Tapi , realitanya untuk tidak begadang itu sulit sekali :) . Gimana cara mengatasinya ? Masih ingat gag bagaimana ketika SD disuruh membuat agenda kegiatan ? Itu solusi paling pas yang pernah saya lakukan. Kita membatasi kegiatan malam kita hingga pukul 11 malam dan bangun pada pukul setengah 5 pagi. Dengan adanya agenda , kita bisa mengisi jadwal kosong dengan mengerjakan tugas. Tetapi agar solusi tersebut benar benar tepat , syaratnya harus konsekuen. Bagaimana dengan bermain game ? Udah gede , lain kali aja main gamenya :D . Bagaimana kalau hal seperti itu masih sulit dilakukan ? Penyesalan :) . Kenapa ? renungkan saja sendiri.
Demikian posting pertama saya di blog ini. Apa yang saya tulis diatas semata mata juga untuk kebaikan saya pribadi sebagai pengingat akan pentingnya memperhatikan kesehatan tubuh. Perlu dicatat , posting ini tidak berlaku untuk para nelayan. Tanya kenapa ? :) .
(1) pengalaman pribadi penulis